by

Begini Sejarah Panjang Perkembangan Komputer Saat Ini

Perkembangan Komputer

Perkembangan komputer juga sudah terlihat dari beberapa dekade yang lalu, bahkan dari komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana hingga kini yang praktis dan bisa dibawa kemana pun dan bila juga pengguna menginginkannya.

Kehadiran perangkat komputer tentu sangat berguna untuk membantu kehidupan manusia di era dewasa ini. Meskipun telah dikeluarkan serta mulai digunakan teknologi mobile yang lebih praktis, tapi ternyata itu masih belum mampu menggeser posisi komputer dalam urusan menyelesaikan pekerjaan.

Sebelum mencapai titik tersebut, komputer sendiri mempunyai sejarah panjang mengenai perkembangannya dari generasi ke generasi. Sejarah itu sendiri dibagi menjadi 4 generasi. Dan tiap generasinya perangkat komputer yang diciptakan selalu dibuat lebih baik sekaligus berbentuk lebih kecil dari tadinya. Berikut ini adalah ulasan mengenai asal usul komputer bersama perkembangannya dari generasi ke generasi

Sejarah Perkembangan Komputer

1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959) Tabung Vakum

Yang lebih mengejutkannya lagi adalah berat komputer generasi awal ini nyatanya mencapai hingga 30 ton. Dan apalagi menggunakan 18 ribu tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi per tabungnya. Komputer pertama ini bernama ENIAC ataupun Electronic Numerical Integrator and Computer yang dilahirkan oleh Mauchly serta Echert.

Tidak memakai bahasa pc sepopuler semacam saat ini, ENIAC sendiri pada durasi ini memakai bahasa mesin. Ialah bahasa pemrograman sangat dasar yang bisa dimengerti oleh pc. Serta sebab keterbatasan keahlian, kesimpulannya membuat pc ini tidak bisa membongkar permasalahan dalam satu durasi sekalian. Walaupun terhitung amat terbatas, tetapi pembuatan pc angkatan awal itu menghabiskan bayaran dekat satu juta dollar.

Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 silam yang menggunakan media tabung vakum sebagai bagian dasarnya. Tabung vakum sendiri merupakan sebuah material yang sangat cepat menghantarkan panas sehingga ini dinilai kurang efektif jika digunakan pada masa sekarang. Selain menghasilkan panas yang berlebih, komputer ini juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat mengoperasikannya.

Baca Juga : Pengertian Komputer Fungsi, Komponen, Sejarah Gambar Komputer

2. Pc Angkatan Kedua (1959-1965) Transistor

Komputer angkatan kedua tidak lagi memakai botol hampa bagaikan alatnya, melainkan teknologi transistor digadang- gadang merupakan cikal akan dari terciptanya pc ini. Berlainan dengan botol hampa yang berdimensi besar, transistor sendiri mempunyai dimensi yang mengarah lebih kecil dan tidak menciptakan panas kelewatan. Dengan memakai transistor, otomatis perangkat komputer yang dilahirkan dapat berupa lebih kecil dibandingkan tadinya.

Sehabis dirilisnya pc angkatan kedua, bahasa pemrograman tingkatan besar pula lagi dibesarkan pada dikala itu; semacam perihalnya Common Business- Oriented Language( CBOL) serta Resep Translator( FORTRAN). Pergantian bahasa pemrograman tersebut ternyata memberikan dampak yang efektif buat komputer sekaligus memberikan khasiat komputasi yang lebih kilat serta cermat.

Komputer generasi kedua tidak mewarisi komponen- komponen komputer terdahulunya. Sebab, bahasa mesin yang dulu digunakan di komputer pertama ternyata juga diganti menjadi bahasa assembly atau tutur lainnya adalah bahasa simbolik. Dan hal itu pasti utamanya lebih memudahkan, karena pengguna serta programmer bisa membagikan instruksi dengan kata- kata.

3. Pc Angkatan Ketiga (1965-1971) Sirkuit Terintegrasi

Teknologi IC yang dipakai pada komputer generasi ketiga dinilai lebih memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecekatan sekaligus efisiensi dari sebuah pc. Komputer pada generasi ini terlihat jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer pada generasi- generasi tadinya. Sekalian penemuan ini jadi pc awal yang memakai keyboard serta alat pemantau dengan interface sistem operasi. Perlu diketahui bahwa komputer- komputer generasi sebelumnya tidak menggunakan keyboard sebagai sarana penginputannya. Melainkan menggunakan kartu berlubang dan pita kertas. Yang artinya teknologi pada saat itu pasti jauh tertinggal jika dibandingkan pada saat terciptanya komputer generasi ketiga.

Komputer generasi ketiga ini sudah tidak lagi menggunakan transistor apalagi tabung vakum, melainkan telah berpindah menggunakan teknologi Integrated Circuit (ICs). Walaupun begitu, bagian transistor tidak dan merta dibiarkan sedemikian itu saja. Tapi sedang dipakai untuk menolong kemampuan pc angkatan ketiga ini. Serta yang tentu, transistornya sendiri tidak lagi berukuran besar, namun sudah diminiaturkan serta diletakan pada IC. Satu buah IC itu terdiri dari sebagian transistor, resistor, dan kapasitor.

Selain ukurannya yang lebih kecil, komputer ini juga dihargai relatif murah dan masih dapat dijangkau oleh masyarakat pada umumnya.

4. Komputer Generasi Keempat (1971 Sekarang) Microprosesor

Perkembangan komputer generasi keempat ini dibuat dan dicetuskan oleh Intel. Salah satu industri teknologi yang menciptakan chip Intel 4004 yang setelah itu jadi cikal akan komponen inti dari fitur pc. Sebaliknya yang menghasilkan pc modern untuk awal kali merupakan dari industri IBM yang didesain spesial buat pemakaian rumahan. Kemudian menyusul Apple dengan komputer Macinthos- nya pada tahun 1984.

Yang terlahir pada generasi keempat adalah komputer berjenis microprosesor yang bahkan masih dipakai sampai saat ini serta yang sedang kita amati pada biasanya. Microprosesor sendiri mencampurkan sebagian bagian jadi satu dalam chip yang kecil. Chip itu terdiri dari ribuan transistor serta bagian sirkuit yang lain yang dihubungkan jadi satu. Maksudnya dengan cara otomatis perihal itu pula membuat suatu pc berdimensi lebih kecil.

Perkembangan teknologi komputer yang dirasa sangat cepat itu secara tidak langsung melahirkan ide. Buat menghasilkan sebuah jaringan komputer, yang mana kemudian mengarah pada kelahiran internet. Selain itu, komputer generasi keempat sendiri juga sudah mulai memakai mouse. Serta diciptakannya Graphical User Interface (GUI), serta kemajuan- kemajuan lainnya. Itu membuktikan bahwa semakin majunya teknologi, maka semakin mudah juga pekerjaan manusia. Komputer generasi keempat adalah salah satu contoh perkembangan teknologi. Menuju kearah yang lebih praktis dan lebih efisien untuk aktivitas manusia tentunya. Inovasi selanjutnya hasil dari perkembangan komputer generasi keempat yakni menghasilkan komputer. Portabel yang bisa dibawa kemana pun dan dapat dioperasikan kapan pun atau yang biasa disebut laptop.